PELAJAR MERIAHKAN TAHUN BARU ISLAM

Selong (Suara NTB) – Memperingati tahun baru Islam 1439 Hijriyah, Pemkab Lombok Timur (Lotim) menggelar festival pergantian tahun dengan nama Festival Muharram. Acara ini dimulai dengan kegiatan pawai ta’aruf yang diikuti ribuan pelajar mulai dari tingkat SD/MI hingga SMA/MA/SMK di Lotim, Senin, 18 September 2017.
Ribuan Pelajar Meriahkan Festival Muharram di Lotim
Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Lotim, Ahmad Subhan mengungkapkan, Festival Muharram digagas langsung Bupati Lotim, H. Moch Ali Bin Dachlan pada priode pertama kepemimpinannya tahun 2003 lalu. Bupati menekankan agar masyarakat Lotim memanfaatkan peringatan Muharram untuk membangkitkan spirit Islam, bukan saja dalam bentuk seremonial. Namun lebih penting pada menitikberatkan pada tumbuh dan berkembangnya upaya ke arah peningkatan ekonomi masyarakat.
Perayaan Festival Muharram tahun ini, diharapkan lebih baik terutama untuk membangkitkan ekonomi umat, walaupun kecil. Lebih lanjut, bupati mengingatkan Muharram sebagai tempat berlatih persatuan dan kesatuan. Misalnya, semua dinas berpartisipasi memberikan informasi melalui stan-stan yang disiapkan. Bupati juga menggaris bawahi supaya masing-masing dinas/instansi menyampaikan informasi yang jujur, objektif dan konstruktif.
  “Peringatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah mendorong peningkatan serta pergerakan ekonomi ummat melalui ekonomi kreatif. Festival ini mengagendakan mulai dari karnaval, seni dan budaya. Sampai dengan rill menyentuk perekonomian masyarakat,”ungkapnya.
Selain Festival Muharram tersebut dibuka oleh pelaksanaan pawai ta’aruf, Senin kemarin. Nantinya pawai ta’aruf juga akan diikuti oleh karyawan dari OPD kecamatan hingga umum serta pelaksanaan pawai lampion, termasuk pembacaan doa akhir dan awal tahun bertempat di Masjid Agung Al Mujahidin Selong, serta tasyakuran di Pendopo bupati.  Sementara, untuk kegiatan pasar rakyat yang bertempat di Lapangan Nasional (Lapnas) Selong, mulai dibuka pada Kamis (21/9) dan akan berlangsung selama dua pekan hingga tanggal 4 Oktober 2017 dan melibatkan pelaku UMKM, perbankan, BUMD, BUMN dan lainnya. (yon) 

Komentar

Postingan Populer